TUGAS MATA KULIAH PERENCANAAN WILAYAH



TUGAS MATA KULIAH PERENCANAAN WILAYAH


1.      Sebutkan beberapa faktor yang memperkuat pentingnya perencanaan wilayah !
Jawab  :
Beberapa faktor yang memperkuat pentingnya perencanaan wilayah :
a)        Potensi wilayah terbatas, kemungkinan tidak dapat diperbanyak atau  diperbaharui lagi.
b)        Kemampuan teknologi dan cepatnya perubahan dalam kehidupan manusia.
c)        Kesalahan perencanaan yang sudah dieksekusi di lapangan sering tidak dapat diubah atau diperbaiki kembali. Misal: penggunaan lahan yagn tidak terencana atau salah dalam perencanaan.
d)       Lahan dibutuhkan oleh setiap manusia untuk menopang kehidupannya. Disisi lain kemampuan manusia untuk mendapatkan lahan tidak sama sehingga penggunaan atau kepemilikan lahan tidak dapat sepenuhnya diserahkan pada mekanisme pasar.
e)        Tatanan wilayah sekaligus menggambarkan kepribadian masyarakat, dimana kedua hal tersebut saling mempengaruhi.
f)         Potensi wilayah sebagai aset yang harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat secara lestari, berkelanjutan.

2.      Jelaskan konsep dasar hukum penataan ruang ?
Jawab :
Konsep dasar hukum penataan ruang terdapat dalam pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 aliniea ke-4, yang menyatakan “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia”. Selanjutnya, dalam pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat”.
3.      Jelaskan pengertian perencanaan wilayah menurut Friedman !
Jawab :
Menurut Friedman perencanaan wilayah adalah merupakan proses memformulasikan tujuan-tujuan sosial dan pengaturan ruang untuk kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai tujuan tersebut.




*Mero

0 komentar