NAMA : HERA MEROLIZA
NIM : 05011181320069
KELAS : AGRIBISNIS B
TUGAS
MANAJEMEN PEMASARAN AGRIBISNIS
1.
Mengapa
pemasaran sangatlah penting ?
Jawab
:
Didalam
setiap usaha bisnis, pemasaran memegang peran yang cukup vital bagi
kelangsungan usaha bisnis bersangkutan . Sebuah usaha bisnis dengan hasil
produk yang biasa-biasa saja bisa jadi sukses hanya dengan strategi pemasaran
perusahaan terkait yang cukup handal, sebaliknya sebuah usaha bisnis dengan
produk yang cukup berkualitas pun tak akan mengalami penjualan yang maksimal
jika tidak dilakukan upaya pemasaran yang baik terhadap para konsumen.
Pemasaran merupakan upaya untuk mempromosikan, menginformasikan dan menawarkan
kepada konsumen mengenai sebuah produk usaha atau layanan jasa yang dikelola
oleh sebuah perusahaan sebagai upaya untuk meningkatkan angka penjualan produk
atau layanan jasa tersebut. Tanpa adanya sebuah proses pemasaran, maka pasar
tidak akan tahu terhadap produk atau layanan bisnis yang kita buat. Beberapa
alasan yang membuat pemasaran menjadi sebuah kebutuhan utama usaha bisnis untuk
terus eksis dan berkembang :
·
Pemasaran
untuk menginformasikan sebuah produk kepada konsumen, tanpa adanya proses
pemasaran, maka konsumen tidak akan tahu tentang sebuah produk yang kita
hasilkan. Pemasaran yang semakin gencar akan membuat semakin banyak orang yang
tahu dengan produk usaha bisnis kita, dan kemungkinan besar ketertarikan para
pelanggan akan memperbesar angka penjualan perusahaan kita. Terlebih jika kita
memiliki sebuah produk yang unik dan memiliki kualitas dan nilai inovatif ,
maka sangat penting melakukan upaya pemasaran yang maksimal.
·
Menjelaskan
fungsi, manfaat, dan keunggulan sebuah produk usaha atau layanan. Melalui
proses pemasaran kita dapat menjelaskan kepada konsumen mengenai fungsi sebuah
produk, manfaat, keunggulan, cara penggunaan dan sebagainya yang dberkaitan
dengan produk. Karena kemungkinan besar konsumen akan tertarik membeli produk
atau layanan kita setelah mendengarkan fungsi, manfaat, keunggulan serta cara
penggunaan yang benar dari produk bersangkutan. Disinilah peran pemasaran itu
sangat dirasakan, semakin luas pemasaran yang anda lakukan, maka akan semakin
banyak jumlah konsumen yang mengetahui informasi produk usaha kita.
·
Menginformasikan
sebuah produk atau layanan baru kepada konsumen. Meskipun orang telah cukup
mengenal perusahaan kita, pemasaran tetap penting dilakukan apabila kita
menghasilkan sebuah produk baru yang dihasilkan perusahaan bisnis kita.
Infoermasi tersebut dilakukan melalui upaya marketing promosi yang terus
menerus kepada para konsumen. Pentingnya sebuah pemasaran di dalam usaha bisnis
bahkan bisa menjadi penentu berkembang tidaknya sebuah usaha. Memiliki sumber
daya manusia di bidang pemasaran yang handal akan sangat menentukan sebuah
keberhasilan usaha yang kita kelola.
2.
Apa
tujuan pemerintah untuk mengekspor gula lebih banyak ?
Jawab
:
Ada
beberapa tujuan pemerintah melakukan kegiatan ekspor gula, yaitu :
·
Meningkatkan
laba perusahaan melalui perluasan pasar serta untuk memperoleh harga jual yang
lebih baik.
·
Membuka
pasar baru di luar negeri sebagai perluasan pasar dalam negeri.
·
Memanfaatkan
kelebihan komoditas gula yang telah dimiliki.
·
Membiasakan
diri bersaing dalam pasar internasional sehingga mampu bersaing dengan negara
lain.
3.
Mengapa
kelapa sawit harus di ekspor ?
Jawab
:
Kelapa
sawit harus di ekspor karena saat ini terdapat 10 juta hektar perkebunan kelapa
sawit di Indonesia. Sekitar 44% di antaranya merupakan perkebunan rakyat, 49%
milik perusahaan swasta dan 7% dikuasai oleh BUMN . Hal ini membuktikan bahwa
kegiatan ekspor kelapa sawit dapat meningkatkan taraf kesejahteraan petani
secara signifikan. Selain itu, sumbagsih sawit dalam struktur ekspor sangat
besar, sekitar 13% dari total ekspor. Dari sini kita bisa melihat bahwa ekspor
kelapa sawit berpengaruh besar terhadap gerak neraca perdagangan nasional, oleh
karena itu volume dan nilai ekspor sawit harus ditingkatkan. Jangan sampai
turun atau stagnan, karena defisit kita bisa tambah dalam.
4.
Mengapa
khusus CPO harus di ekspor ?
Jawab
:
Crude
Palm Oil (CPO) harus di ekspor untuk menyelamatkan neraca perdagangan nasional
yang terus mengalami defisit. Pemerintah harus fokus meningkatkan volume ekspor
CPO, karena menjadi bantalan bagi defisit neraca perdagangan nasional. Defisist
neraca perdagangan kita saat ini sekitar US$2 miliar. Jika tidak ada kelapa
sawit defisit bisa sekitar US$21 miliar.
5.
Mengapa
petani tidak memeakai bentuk hasil GKG (Gabah Kering Giling) ?
Jawab
:
Karena
setelah dirontok di sawah, Gabah Kering Panen (GKP) langsung ditimbang.
6.
Mengapa
dana yang diberi kepada masyarakat/ petani berupa CSR ?
Jawab
:
Tanggung
jawab sosial perusahaan atau Corporate
Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi khususnya
perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh
pemangku kepentingannya, seperti masyarakat/ petani dalam aspek ekonomi,
sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu CSR yang ditujukan untuk masayarakat/
petani berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan.
7.
Mengapa
CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) kepada masyarakat masih kurang ? (2%
dari keuntungan)
Jawab
:
Karena
dana yang diberikan perusahaan berupa CSR tidak langsung diterima oleh
masyarakat tetapi melalui beberapa perantara terlebih dahulu. Biasanya CSR
pertama kali diterima oleh Pemerintah Daerah atau DPRD yang menyebabkan dana
untuk masyarakat berkurang, setelah itu baru dana dicairkan kepada masyarakat
yang bersangkutan.
8.
Mengapa
beras ditimbang oleh pemilik penggilingan padi ?
Jawab
:
Untuk
menghitung upah penggilingan padi yang biasanya diterapkan sebesar 10% dari
jumlah padi yang digiling.
9.
Mengapa
petani dan pemerintah tidak peduli menghitung biaya rata-rata ?
Jawab
:
Karena
tidak adanya transparansi dalam aspek tata niaga yang terjadi antara petani dan
tengkulak. Petani biasanya mengikuti harga
yang ditetapkan oleh para tengkulak, akibatnya petani yang dirugikan.
Sedangkan pemerintah seolah-olah tidak
peduli dengan permasalahan yang dihadapi petani, akibatnya nasib para petani
semakin terpuruk.
*Mero
0 komentar