Assalamualaikum
wr wb, Bapak/ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah
kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan
rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat
ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah
diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang “Pengaruh
Internet Terhadap Remaja Dan Siswa”.
Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap
orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang
bertekhnologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita
berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet,
internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau
jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah Warung yang menjual jasa
internet atau yang biasa disebut dengan “Warnet”, Dunia Informasi Tanpa Batas,
begitulah orang-orang menyebutnya, saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa
boleh dikata memang begitu keadaannya, dengan adanya Internet, Akses atau jalan
terhadap penyampaian Informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil
dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.
Banyak Ilmu
pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita
temukan di jagat internet ini, lalu apa hubungannya dengan Siswa? Tentu saja
sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang
namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling
efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun,
walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi
pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk Kriminalitas atau
Asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini
untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh,
atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi
jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan
mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah.
Namun
demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir
siswa-siswa yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa
tanggung jawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya
internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi
yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah, hal tersebut
memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber
informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk
diam didepan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.
Hal ini dapat menjadi sebuah
motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi
sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap
perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada
didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa
remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau
negative tergantung dari mana di memulai.
Remaja yang
kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan
informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang
informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi
selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negative justru
sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan
kayaan informasi dari internet tersebut.
Maka dari itu
alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan
sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita, dan
selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari
kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari
menyongsong masa depan.
Atas
perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.
*Mero
*Mero
0 komentar